Selasa, 11 Desember 2012

Herbal Tumpas Hipertensi Penyebab Stroke & Jantung

Hipertensi adalah penyakit yang dapat dikendalikan lewat makanan.
Mona Indriyani, Stella Maris
Kunyit mengandung antioksidan tinggi. (istockphoto.com)
VIVAlife -  Hipertensi atau tekanan darah tinggi bukanlah salah satu penyakit yang dapat disembuhkan, melainkan dikendalikan. Banyak orang penderita hipertensi dikarenakan gaya hidup tidak sehat. Salah satu pemicunya adalah makanan dengan kandungan tinggi lemak dan kolesterol.

Penderita hipertensi juga rentan terhadap stroke dan penyakit jantung. Untuk menghindarinya, hampir sebagian penderita bergantung pada obat-obatan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga melirik pengobatan herbal untuk menekan naiknya tekanan darah.

Mengkudu
Meski baunya tak sedap, buah ini cukup memberikan khasiat luar biasa. Kandungan mineral dalam mengkudu berfungsi mengendalikan kinerja jantung saat memompa darah. Selain itu, mineral juga membantu pelebaran saluran pembuluh darah.

Racikan: Ramuan ini terbilang mudah untuk diracik. Siapkan dua buah mengkudu yang telah matang, cuci hingga bersih. Parut, peras, dan saring.  Selanjutnya, air mengkudu diminum dua kali sehari.

Mentimun
Sayuran yang banyak digunakan untuk acar dan lalapan ini juga dapat mengatasi hipertensi. Pasalnya, mentimun mengandung potassium dan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Racikan: Siapkan dua buah mentimun yang telah dicuci bersih. Lalu parut mentimun, peras airnya dengan menggunakan saringan. Agar tekanan darah kembali normal, minumlah dua kali sehari.

Bumbu Dapur
Bumbu dapur soto ini adalah salah satu tanaman rimpang kaya antioksidan. Kunyit juga memiliki khasiat untuk mencegah penyempitan pembuluh arteri yang memicu serangan jantung.

Racikan: Parut dua rimpang kunyit yang telah dicuci bersih, lalu peras dan saring. Minum dua kali sehari, dengan menambahkan dua sendok makan madu.

Begitu juga dengan bawang putih. Antibiotik alami ini juga menjadi solusi praktis hipertensi.

Racikan: Siapkan dua siung bawang putih yang telah dibersihkan dan haluskan,  Selanjutnya, seduh dengan setengah cangkir air panas. Minum dua kali sehari.
VIVAlife
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar